Perkembangan Balita

Advertisement
Empat minggu pertama setelah bayi lahir dikenal dengan periode neonatal artinya kelahiran baru. Selama waktu ini bayi sudah agak dapat menyesuaikan hidup di luar uterus. Fungsi tubuh seperti pernapasan, pencernaan, dan ekskresi telah dilakukan oleh bayi itu sendiri.

Perkembangan Balita berikutnya adalah periode dari neonatal sampai usia satu tahun. Dalam periode ini bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan baik secara mental maupun dalam keterampilan fisik. Keterampilan awal yang dimiliki adalah kemampuan tersenyum dan biasanya terjadi di usia enam minggu. 

Pada usia empat bulan bayi sudah dapat tertawa, bangun ketika mendengar sesuatu dan telah mengenal wajah ibunya. Pada delapan bulan, bayi mulai berkata-kata untuk beberapa kata sederhana seperti mama, cucu kalau menyebut susu. Satu kejadian besar di usia satu tahun adalah berdiri tanpa pertolongan siapapun maupun penopang apapun selamabeberapa detik.

Setelah melewati masa perkembangan bayi, maka berikutnya adalah masa anak-anak, yaitu usia 1 hingga 12 tahun. Dalam periode ini, pertumbuhan fisik mulai meningkat baik tinggi badan maupun berat badan disertai perkembangan koordinasi otot-otot dan kemampuan mental. Dari umur 18 bulan, anak dapat berjalan tanpa bantuan.

Antara 2 dan 3 tahun, anak telah dapat mengontrol keinginan untuk kencing dan berak . Pada usia 3 tahun, anak telah dapat berbicara dengan kalimat sederhana. Sampai dengan usia 5 tahun, beberapa anak dapat membaca angka-angka dan huruf-huruf tertentu. Di atas usia ini, anak telah berkembang dalam kemampuan berbicara, menulis, membaca, dan beralasan. Pada usia yang sama, anak telah matang emosinya dan belajar bagaimana bergaul dengan orang lain.


0 Response to "Perkembangan Balita"

Post a Comment