Sistem Reproduksi Manusia

Advertisement
Sistem Reproduksi Pria
Sistem perkembangbiakan pria tersusun dari organ luar yang terdiri dari penis dan skrotum. Penis berfungsi sebagai organ perkembangbiakan dan saluran kencing. Di samping penis terdapat kantung yang disebut skrotum yang di dalamnya terdapat testis. 

Selama masa pubertas, dua testis mulai menghasilkan sperma, yaitu sel kelamin jantan. Sperma mempunyai struktur sebagai selsel tunggal yang tersusun dari kepala dan ekor. Ekor berfungsi untuk menggerakkan sperma, sedangkan kepala sperma mengandung informasi genetik. Skrotum juga berfungsi untuk membantu mengatur suhu yang sesuai untuk produksi sperma.

Susunan Organ dan Fungsi Organ Reproduksi Pria

Organ
Fungsi

Testis

Skrotum

Penis

Saluran Sperma

Vesikula Seminalis

Uretra

Kelenjar Seminal

Menghasilkan sperma melalui meiosis

Membungkus Testis

Menyalurkan sperma ke dalam vagina

sperma Menyalurkan sperma dari testis ke uretra

Menampung Sperma

Menyalurkan sperma dan urine ke luar tubuh

Menghasilkan cairan agar sperma mudah bergerak


Beberapa organ lain juga membantu dalam reproduksi yaitu untuk pengangkutan dan penyimpanan sperma di dalam tubuh. Setelah sperma dihasilkan dari testis, akan ditampung dalam epididimis. Selanjutnya diangkut melalui saluran yang melingkari kandung kemih. Di samping kandung kemih terdapat kelenjar yang disebut kelenjar seminal, tempat mencampur sperma dengan cairan yang membantu sperma bergerak. 

Campuran antara sperma dan cairan ini disebut semen. Semen meninggalkan tubuh melalui uretra, yaitu saluran yang sama untuk mengalirkan urine ke luar tubuh. Namun demikian antara semen dan air kencing tidak pernah tercampur. Otot yang berada di belakang kandung kencing berkontraksi untuk mencegah urine keluar dari uretra saat sperma dikeluarkan dari dalam tubuh.

Sistem reproduksi wanita
Berbeda dengan pria, organ reproduksi wanita merupakan organ internal, karena berada di dalam tubuh Ovarium terletak dalam rongga badan bagian bawah. Kira-kira tiap satu bulan ovarium menghasilkan sebuah sel telur yang masak. Proses ini disebut ovulasi. Dua ovarium tersebut saling bergantian menghasilkan telur tiap bulan.

Susunan Organ dan Fungsi Organ Reproduksi Wanita


Organ

Fungsi

Ovarium

Oviduk

Uterus

Vagina

Menghasilkan Sel Telur

Menyalurkan telur dari Ovarium ke Uretus

Tempat pertumbuhan sel telur yang dibuahi

Menerima sel-sel sperma dan jalan lahir bayi


Telur yang dihasilkan masuk ke dalam saluran telur . Jika dibuahi oleh sperma, sel telur akan terus berada di dalam saluran telur. Rambut-rambut getar yang ada di saluran telur membantu sel telur untuk bergerak menuju uterus (rahim). Uterus ini mempunyai struktur berongga, bentuknya seperti buah jambu air, dan merupakan organ yang penuh dengan otot.

Dindingnya menebal bila didalamnya terdapat sel telur yang telah dibuahi atau zigot yang tumbuh dan berkembang. Bagian bawah dari uterus berhubungan dengan bagian luar tubuh melalui adanya tabung berotot yang disebut vagina. Vagina ini juga disebut saluran kelahiran, sebab sebagai tempat lewatnya bayi saat lahir.

0 Response to "Sistem Reproduksi Manusia"

Post a Comment