Indera Peraba

Advertisement
Kulit adalah salah satu organ indera, kulit mempunyai berbagai sel saraf yang menerima rangsang mengenai adanya perubahan di sekitar tubuh kita. Kulit mempunyai dua lapisan, yaitu epidermis dan dermis. Epidermis adalah lapisan luar kulit. Dermis adalah lapisan dalam kulit. Di manakah letak sel-sel saraf pada kedua lapisan ini?
Mengapa tubuh kita merasakan sakit?, hal ini terjadi karena sel-sel saraf di dalam kulit mendeteksi perubahan sentuhan, tekanan, dan temperatur dan menghantarkan impuls ke otak atau sumsum tulang belakang. Sel-sel ini membantu kita menikmati atau menghindari benda-benda di sekitar kita.

Sel-sel saraf itu mendeteksi adanya sakit, tekanan, sentuhan, panas, dan dingin. Sebagian besar sel-sel saraf ditemukan di dalam dermis. Hanya sel-sel saraf yang mendeteksi sakit yang ditemukan di dalam epidermis maupun dermis.

Seperti pesan dari organ indera yang lain, pesan-pesan dari sel-sel saraf di dalam kulit juga berjalan menuju otak besar. Di dalam otak besar pesan diterjemahkan sebagai pesan-pesan panas, dingin, sakit, tekanan, atau sentuhan.
Ujung jari kita mempunyai berbagai macam reseptor. Dengan adanya reseptor sentuhan ini, kita dapat merasakan apakah suatu benda kasar atau halus, panas atau dingin, ringan atau berat. Bibir kita peka terhadap panas dan melindungi kita dari minuman panas yang bisa membuat lidahmu terasa panas. 

Sel-sel yang peka terhadap tekanan di dalam dermis memberi tanda bahaya kepada bagian tubuh kita sehingga tubuhmu bergerak untuk menghindari benda tajam agar tidak terluka.

0 Response to "Indera Peraba"

Post a Comment