Cara Kerja Indera Pengecap

Advertisement
Pernahkan kamu mengecap makanan baru atau obat dengan ujung lidahmu dan merasakan bahwa makanan itu rasanya manis? Kemudian kamu juga terkejut saat menelan obat, ternyata obat itu terasa pahit. 

Kuncup pengecap di lidahmu adalah reseptor utama untuk mengecap. Kurang lebih sepuluh ribu kuncup pengecap ditemukan di seluruh lidahmu. Kuncup-kuncup pengecap ini memungkinkanmu untuk mengetahui suatu rasa.
Permukaan lidah kita mempunyai banyak tonjolan kecil disebut papila. Pada masing-masing papila terdapat lekukan-lekukan kecil yang masing-masing mengandung kuncup pengecap. Kuncup pengecap adalah sel-sel saraf di dalam lidah yang mendeteksi molekul-molekul kimia.
Kuncup pengecap menanggapi rangsang kimia. 

Saat kamu memikirkan makanan, mulutmu mulai basah oleh air ludah. Peristiwa ini sangat membantumu untuk mengecap sesuatu. Agar bisa mengecap, molekul makanan harus dilarutkan ke dalam air. 

Air ludah di dalam mulutmu melarutkan molekul-molekul makanan. Larutan yang mengandung molekul makanan membasahi seluruh kuncup pengecap, sehingga impuls mulai terbentuk. Impuls ini kemudian dikirimkan ke otakmu. Otak menterjemahkan impuls tersebut dan memberitahumu apa yang kamu kecap.

Kuncup pengecap menanggapi lebih dari satu rasa. Daerah lidah tertentu lebih mudah menanggapi suatu rasa daripada yang lain. Lidah mengecap empat rasa dasar yaitu manis, asin, asam, dan pahit yang dikecap oleh empat macam kuncup pengecap yang berbeda. 

Masing-masing rasa terletak di daerah lidah yang berbeda. Kamu tentunya merasakan rasa lain selain empat rasa dasar tersebut. Apabila kamu merasakan rasa selain keempat rasa dasar tersebut, maka yang kamu kecap adalah kombinasi-kombinasi dari empat rasa dasar.

Pernahkah kamu merasa sulit untuk mengecap saat kamu menderita flu dengan hidung tersumbat? Mengapa? Hal itu terjadi karena indera pengecap dan pembau berhubungan. Kedua macam indera ini sama-sama mendeteksi molekul-molekul gas di dalam udara. 

Ketika kamu menderita flu dengan hidung tersumbat, makanan terasa tidak mempunyai rasa, karena molekulmolekul makanan terhalang oleh tebalnya lendir, sehingga tidak bisa sampai ke membran di dalam rongga

0 Response to "Cara Kerja Indera Pengecap"

Post a Comment