Pembuluh Darah

Advertisement
Melanjutkan postingan saya terdahulu tentang komponen darah manusia, kali ini kami posting tentang pembuluh darah. Ada tiga macam pembuluh darah yang berperan dalam proses peredaran darah. Pembuluh darah tersebut adalah pembuluh arteri, pembuluh vena, dan pembuluh kapiler.

a. Pembuluh Arteri
Arteri berperan dalam pengangkutan darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis berperan membawa darah kotor yang perlu oksigenasi. Arteri mempunyai dinding yang tebal dan elastis. 

Tentu saja pembuluh arteri ini meninggalkan jantung. Tekanan darahnya lebih kuat bila dibandingkan dengan tekanan yang dimiliki oleh pembuluh vena. Pembuluh arteri ini biasanya juga terletak di bagian dalam permukaan tubuh dan mempunyai satu pangkal (aorta).

b. Vena
Pembuluh vena ini sering disebut sebagai pembuluh balik. Hal ini karena pembuluh vena bertugas membawa darah kotor (miskin oksigen) kembali menuju jantung, kecuali vena pulmonalis yang bertugas membawa darah bersih menuju jantung.

Vena mempunyai klep di sepanjang pembuluh darah. Banyaknya klep pada vena ini berhubungan dengan tugas vena yang membawa darah yang arah gerakannya melawan gaya berat. Klep-klep ini bertugas menjaga agar pembuluh darah mengalir ke jantung tanpa jatuh kembali ke arah sebaliknya.

Perbedaan Pembuluh darah Arteri dengan Vena

Variabel
Arteri
Vena
Dinding
Elastis Tipis
Kurang Elastis
Letak
Lebih ke dalam
Dekat permukaan tubuh
Aliran Darah
Meninggalkan jantung
Menuju jantung
Klep
Satu di pangkal
Banyak di sepanjang vena
Tekanan
Kuat, bila terpotong darah akan memancar
Lemah, bila terpotong akan menetes
Isi darah
Banyak mengandung O2, kecuali arteri pulmonalis
Banyak mengandung CO2, kecuali vena pulmonalis

c. Pembuluh Kapiler
Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat kecil tempat arteri berakhir. Pembuluh ini berfungsi sebagai distributor zat-zat penting ke jaringan yang memungkinkan berjalannya berbagai proses dalam tubuh.

0 Response to "Pembuluh Darah"

Post a Comment