Kelenjar Pencernaan

Advertisement
Kelenjar pencernaan adalah postingan kami berikutnya tentang pencernaan. pada postingan kami sebelumnya yang berjudul saluran pencernaan yang membahas tentang proses pencernaan makanan mulai dari makanan masuk pada mulut sampai keluarnya sisa makanan yang sudah dicerna. 

Kelenjar pencernaan secara umum terdiri atas kelenjar ludah, kelenjar dari lambung, dan kelenjar pankreas. Untuk itu marilah kita perdalam pengetahuan kita tentang kelenjar tersebut melalui materi berikut ini.

a. Kelenjar Ludah
Kelenjar ludah memiliki 3 pasang kelenjar yang menghasilkan ludah. Ludah dialirkan melalui saluran ludah yang bermuara ke dalam rongga mulut. Kelenjar ludah tersebut adalah kelenjar ludah parotid (di dekat pelipis), kelenjar ludah rahang bawah, dan kelenjar ludah bawah lidah.

Ludah mengandung air, lendir, garam, dan enzim ptialin. Enzim ptialin berfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula, yaitu maltosa dan glukosa. Jika kamu membiarkan nasi di dalam mulut yang mula-mula terasa tawar beberapa saat kemudian akan terasa manis.

b. Kelenjar dari Lambung
Getah lambung dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat di bagian dinding lambung sebelah dalam. Getah lambung mengandung asam lambung (HCl), pepsin, dan renin. Asam lambung berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin. 

Pepsin merupakan enzim yang dapat mengubah protein menjadi molekul yang lebih kecil. Renin merupakan enzim khusus yang hanya terdapat pada mamalia, berperan mengubah kaseinogen menjadi kasein. Kasein digumpalkan oleh ion Ca2+ dari susu sehingga dapat dicerna oleh pepsin.

c. Kelenjar Pankreas
Kelenjar pankreas menghasilkan getah pankreas. Getah pankreas mengandung enzim amilase, tripsinogen, dan lipase. Amilase berfungsi untuk mengubah zat tepung menjadi gula. Tripsinogen berubah menjadi tripsin yang aktif. Tripsin mengubah protein menjadi peptida dan asam amino. Sedangkan, lipase mengubah lemak menjadi gliserol.

0 Response to "Kelenjar Pencernaan"

Post a Comment