Masa Pubertas

Advertisement
Perkembangan berikutnya setelah masa balita adalah masa adolesen. Adolesen dimulai dari usia 12 sampai 14 tahun. Bagian dari masa adolesen adalah pubertas. Masih ingat bukan, di awal sudah kita bahas bahwa masa pubertas adalah masa di mana organ reproduksi kita telah matang. Pada wanita, masa pubertas terjadi pada usia 8 sampai 13 tahun. Pada laki-laki, pubertas terjadi antara usia 13 sampai 15 tahun. 

Salah satu ciri masa pubertas pada wanita adalah mulai terjadi haid (menstruasi). Seorang yang mulai mengalami haid menunjukkan bahwa tubuhnya mulai mempersiapkan diri untuk bisa mengalami kehamilan. Pada saat haid tubuh kita rawan dihinggapi penyakit. Penyakit dapat ditimbulkan karena kita kurang menjaga kesehatan. 

Oleh karena itu kita harus menjaga kebersihan pada saat haid. Selain itu pada hari-hari biasapun perlu menjaga kebersihan organ reproduksi kita. Hal ini penting dilakukan agar organ-organ kita selalu dalam keadaan sehat.

Selama pubertas, hormon dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang dapat menyebabkan perubahan-perubahan pada tubuh. Pada laki-laki, hormon ini dapat mempengaruhi perubahan berupa mulai tumbuhnya kumis pada daerah sekitar wajah, perubahan suara, otot-otot tubuh semakin kuat dan mulai tumbuh rambut pada ketiak dan permukaan alat kelamin (pada pubis). Pada wanita juga terjadi perubahan seperti mulai tumbuhnya rambut di ketiak dan permukaan alat kelamin (mons pubis) dan mulai mengalami masa haid.

Anak perempuan lebih cepat dewasa daripada anak laki-laki. Anak perempuan mengalami perkembangan rangka maupun seksualnya kira-kira dua tahun lebih cepat dari anak laki-laki. Ciri-ciri kedewasaan ini banyak sekali, ada yang sudah tumbuh buah dada dan rambut sekitar kemaluan pada usia sembilan tahun, ada yang belum mendapatkannya sebelum usia tigabelas atau empat belas tahun. Pada masa pubertas ini kalian mulai memiliki rasa tertarik pada lawan jenis.

Mekanisme kedewasaan yang normal tidak selalu terjadi pada waktu tertentu, tetapi terjadi kapan saja pada kisaran waktu tertentu. Kalau kalian sudah menyadari hal ini maka tidak perlu khawatir bila terjadi kelambanan kedewasaan.

0 Response to "Masa Pubertas"

Post a Comment