Fungsi Otak

Advertisement
Otak manusia terdiri dari tiga bagian utama. Bagian-bagian yang dimaksud adalah cerebrum, cerebellum, dan medula oblongata. 

Cerebrum (otak besar) adalah bagian otak yang mengontrol pikiran, nalar, dan indera. Cerebrum merupakan bagian otak yang paling besar. Bagian ini memiliki lipatan-lipatan.

Cerebrum memiliki beberapa fungsi. Salah satu fungsinya adalah menyimpan pesan. Biasanya fungsi ini disebut memori. Cerebrum menerima pesan dari seluruh alat indera, misalnya bunyi yang mungkin diinterpretasikan sebagai musik, ketawa, atau bunyi peluit.

Cerebrum juga merupakan pusat kontrol otot. Pesan untuk gerakan tangan dan kaki dimulai dari cerebrum. Pesan tentang sakit atau sentuhan berakhir pada cerebrum. Cerebrum juga mengontrol kepribadian.

Beberapa fungsi cerebrum bersifat sadar. Sadar artinya dapat dikontrol. Sebagai contoh kamu memutuskan untuk menggerakkan kakimu, kemudian kamu melakukannya. Cerebrum dibagi menjadi belahan kiri dan kanan.
Bagian kanan cerebrum mengontrol bagian kiri tubuh dan juga menerima pesan dari bagian kiri tubuh. Bagian kiri cerebrum mengontrol bagian kanan tubuh dan juga menerima pesan dari bagian kanan tubuh.

Cerebellum (otak kecil) adalah bagian otak yang membantu kamu bergerak secara lemah lembut dan gemulai tidak kaku seperti robot.Semua saraf yang masuk dan meninggalkan otak yang berasal dari dan menuju ke otot mengirim pesan ke cerebellum. Cerebellum membantu manusia agar tetap seimbang. Kerja cerebellum bersifat tidak sadar.

Bagian ketiga dari otak adalah medulla oblongata. Medulla oblongata tampaknya mirip dengan sumsum tulang belakang, tetapi fungsinya sangat berbeda. Medulla oblongata adalah bagian otak yang berfungsi mengontrol denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah. 

Semua pekerjaan yang ditangani oleh medulla oblongata bersifat di luar kesadaran. Kerja medulla oblongata tidak memerlukan manusia berfikir terlebih dahulu.
Reflek
Reflek adalah gerakan cepat, dan merupakan reaksi perlindungan yangnterdapat di dalam sistem saraf. Empat hal yang perlu kita pahami tentang refleks adalah sebagai berikut : 
  • Pertama refleks bersifat tidak sadar; 
  • Kedua refleks terjadi amat cepat; 
  • Ketiga refleks mungkin melibatkan atau tidak melibatkan otak. 
  • Keempat kebanyakan refleks bermanfaat. Refleks membantu manusia melindungi diri dari bahaya.

0 Response to "Fungsi Otak"

Post a Comment